Selasa, 16 Desember 2014

Fitur utama yang harus ada dalam membangun blog eCommerce

Mudah diakses, menarik dan informatif menjadi salah satu point keberhasilan sebuah situs eCommerce. Dengan membangun sebuah blog pada situs eCommerce akan menjadikan situs eCommerce tersebut lebih informatif dan komunikatif.

Membangun blog untuk situs eCommerce memang sangat mudah. Kemudahan tersebut wajib diiringi dengan berbagai kelengkapan fitur dalam blog tersebut. Beberapa fitur sederhana berikut ini dapat menjadikan sebuat situs eCommerce menjadi lebih informatif dan komunikatif:

1. Pengkategorian Konten yang Jelas

Produk apa yang kita tawarkan? Ada berapa jenis produknya? Dengan pengkategorian produk yang jelas memudahkan pelanggan dalam mencari barang yang diinginkan.

Dengan demikian, kita bisa menaikan tingkatan engagement yang terjadi, dengan cara memberikan beberapa artikel review, how to use atau beberapa hal yang berguna yang bersangkutan pada barang yang kita jual. Hal tersebut menjadikan blog menjadi lebih informatif dan berguna untuk meyakinkan calon pelanggan untuk mengambil keputusan membeli produk yang kita tawarkan.

2. Menyajikan Kolom Popular Post dan Recent Post

Informasi terbaru yang ada pada situs eCommerce indonesia yang dituju, apa yang paling banyak dicari, apa yang sedang trend itu wajib kita sajikan pada blog eCommerce untuk menjadikan situs eCommerce yang ditawarkan lebih informatif.

Dengan cara ini, maka konsentrasi pengunjung blog eCommerce kita akan tertuju pada konten baru dan atau konten terpopuler. Cara ini dapat meningkatkan tingkatan waktu kunjungan pengunjung.

3. Search (Fitur Pencarian)

Fitur pencarian adalah fitur dasar yang wajib dimiliki hampir semua website. Meski sangat sederhana, namun keberadaan sering dilupakan.

Fitur ini amatlah sangat berguna dalam memudahkan pengunjung dalam mengakses blog eCommerce. Mereka dapat dengan mudah menemukan halaman/produk yang mereka cari dengan hanya beberapa kata kunci yang berkaitan. Dengan itu mereka tidak akan segan-segan untuk berbelanja kembali karena kemudahan yang mereka alami.


4. Social Media Sharing

Zaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang suka berbagi menggunakan social media apabila menemukan sesuatu yang menyenangkan/keren. Sediakan tombol Social Media Sharing untuk para pengunjung yang ingin berbagi pada social media. Keuntungannya kita mendapatkan popularitas instant dari hasil sharing pada social media tersebut.

Dengan mempelajari beberapa fitur sederhana pada blog eCommerce ini, kita bisa lebih baik dalam melakukan perencanaan pembangunan eCommerce. Untuk fitur yang lebih complex bisa dibangun fitur Omnichannel retailing untuk meningkatkan reaksi channeling pada situs eCommerce anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar